Alamat

Jalan Trisula 32 Kademangan, Kabupaten Blitar./ Rumah Gendola Blitar. | Insight Blitar adalah media informasi, bukan produk Jurnalistik.

For you

Artikel Lainnya

Skip to main content

Oleh-oleh 100% Asli Blitar yang Tak Ada di Tempat Lain | Jurnal Kuliner

Photo by @Johanes Jenito



Seseorang pernah bertanya: apa sih oleh-oleh yang khas Blitar, dan tak ada di tempat lain?


Dia sedang berkunjung ke Blitar, dan ingin membeli jajanan atau makanan yang signature asli Blitar dan hanya bisa dibeli saat berkunjung ke Blitar.


Jawaban dari pertanyaan itu sangat sulit. Meskipun ada beberapa produk yang bisa menjadi ciri khas Blitar, seperti misalnya Sambel Pecel Blitar.


Detail klik gambar


Produk Sambel Pecel sudah tersebar ke hampir pelosok tanah air, dan brand "Blitar" punya nilai tawar tersendiri karena cita rasanya yang khas. Namun, di Kalimantan pun juga ada yang jualan Sambel Pecel Blitar.


Lalu, Cokelat Blitar. Sejak populernya destinasi Kampung Cokelat (Kamcok) di Blitar, produk cokelat pun berpotensi jadi signature. Apalagi ada gerai oleh-oleh dengan produk labeling Kampung Cokelat.


Namun saat ini produk-produk Cokelat keluaran Kamcok juga sudah bisa dibeli via berbagai marketplace. Jadi apa perlu ke Blitar untuk mendapat produk Kamcok?


Detail klik gambar


Selain itu, produk cokelat sudah banyak sekali brandnya. Persaingannya lebih ketat dari Sambel Pecel, terutama soal rasa.


Sambel Pecel Blitar, meski punya banyak saingan Sambel Pecel lainnya, soal rasa bisa diadu, bahkan kemungkinan unggul masih sangat besar.


Oke, kalau begitu bagaimana dengan Jenang Besek? Tak jauh dari Kamcok ada sentra oleh-oleh Jenang Besek. Menjadi khas karena produk daerah bernama Rejowinangun.


Membeli langsung Jenang Besek di pabriknya pasti beda. Meskipun ya, sekali lagi, produk tersebut bisa juga di dapat di marketplace.


Detail klik gambar


Namun sejauh yang aku tahu, di pusat oleh-oleh luar Blitar, sangat jarang dijumpai Jenang Besek, apalagi yang khas Blitar. Sama seperti Pudak Gresik, yang di luar Gresik juga sulit dijumpai.


Mungkin itu bisa menjadi rekomendasi, kan?


***


Selain 3 produk di atas, oleh-oleh lain yang khas Blitar di antaranya: Opak Gambir dan Geti. Dua jajanan ini sangat melegenda, menjadi sajian lebaran, yang pada eranya, paling banyak dijumpai di rumah-rumah.


Kalau yang kontemporer, dan cukup banyak gerainya, adalah Kue Lapis Kukus dan Bampia, bakpia basah yang akhir-akhir ini lagi populer dengan sebutan Bampia Blitar.


Tak kalah legendaris sebenarnya adalah Keripik Uceng. Uceng adalah ikan-ikan sungai berukuran kecil, orang Blitar menyebutnya Iwak Kali.


Uceng disajikan dalam bentuk keripik renyah dan bisa menjadi lauk pauk. Popularitas Uceng didukung dengan munculnya Warung Sego Uceng.


Generasi 80 dan 90an pasti masih akrab dengan Uceng, dan bagi warga luar Blitar akan langsung familiar kalau Keripik Uceng adalah makanan khas Blitar.


Seiring berjalanannya waktu, popularitas Uceng memang meredup, Keripik Uceng tak banyak kita jumpai seperti dulu, tetapi Warung Sego Uceng masih beberapa yang eksis.


Warung Sego Uceng pada zaman dulu adalah wisata kuliner khas bagi wisatawan luar daerah yang berkunjung ke Blitar.


Jadi, kalau mau oleh-oleh khas Blitar lainnya, Keripik Uceng bisa menjadi rekomendasi kok.


Camilan lain

Lalu apa makanan atau minuman khas Blitar lainnya? Es Pleret adalah jajanan khas Blitar. Jadi jika berkunjung ke Blitar, wajib Sarapan Pecel dan siangnya minum Es Pleret. Baru lengkap berkunjungnya.


Selain itu, ada Es Drop. Seperti Es Lilin namun berukuran besar. Es Drop sangat legendaris karena menjadi jajanan dari generasi ke generasi.


Dengan bungkus kertas dan variasi rasanya, Es Drop sebenarnya tak kalah dengan jajanan-jajanan modern.


Menu kontemporer lain yang juga populer di Blitar adalah Gelato Blitar, Es Krim gaya Italia yang sebenarnya menggunakan produk lokal.


Gelato menjadi populer sejak berdiri Kafe De Classe Gelato yang kini menjadi bagian dari Kota Blitar, salah satu tempat nongkrong pilihan.


***


Kembali ke pertanyaan awal, apakah ini sudah cukup menjawab?


Memang, kunjungan ke suatu tempat akan semakin komplit jika membawa oleh-oleh, dan itu hanya bisa didapat ketika berkunjung ke tempat tersebut.


Makanan termasuk bagian dari daya tarik suatu daerah, selain tempatnya, dan karena itulah pentingnya merawat ciri khas jajanan lokal yang signature dan menjadi brand kuat bagi Blitar.


Blitar, 1 Juni 2024

Ahmad Fahrizal Aziz



Klik gambar untuk info detail, termasuk harga dan ongkos kirm.






Comments