Alamat

Jalan Trisula 32 Kademangan, Kabupaten Blitar./ Rumah Gendola Blitar. | Insight Blitar adalah media informasi, bukan produk Jurnalistik.

For you

Artikel Lainnya

Skip to main content

10 Kuliner Khas Jawa Timur yang Wajib Kamu Coba Sekali Seumur Hidup



Kuliner khas Jawa Timur merujuk pada keanekaragaman hidangan tradisional yang berasal dari wilayah Jawa Timur, Indonesia. Makanan khas Jawa Timur sering kali mencerminkan keberagaman budaya dan tradisi kuliner yang khas dari daerah tersebut. 


Beberapa contoh makanan khas Jawa Timur yang wajib kamu coba, setidaknya sekali seumur hidup, khususnya buat orang-orang di luar Jawa Timur.


Berikut adalah 10 makanan paling populer di Jawa Timur:

 

1. Rawon


Rawon adalah hidangan unik Indonesia yang berasal dari Jawa Timur. Ini adalah sup beraroma yang biasanya dibuat dengan daging sapi yang dimasak perlahan dan bahan-bahan tradisional Indonesia lainnya seperti daun jeruk, serai, jahe, dan cabai. Namun, elemen kunci dari rawon adalah buah kluwek, yakni kacang hitam Indonesia.


Rawon mudah ditemui di warung-warung makan sekitar Jawa Timur, tak terkecuali di area Blitar. Selain itu Rawon juga jadi menu andalan jika menyelenggarakan hajat besar seperti pernikahan.


2. Tahu Tek


Tahu tek merupakan makanan jalanan populer di Surabaya, Indonesia. Ini adalah hidangan vegetarian yang terbuat dari tahu, sayuran, dan saus kacang pedas. Tahu diolah dengan cara digoreng hingga renyah, kemudian dipotong kecil-kecil. Biasanya disajikan di atas tauge, kentang rebus, dan telur rebus.


 3. Sate Klopo


Sate klopo adalah hidangan sate khas Jawa Timur yang menggunakan kelapa parut sebagai bumbu. Daging yang dipakai bisa berupa daging sapi, ayam, atau kambing yang ditusuk dan dipanggang dengan bumbu khas Indonesia. Sate klopo biasanya disajikan dengan bumbu kacang dan lontong. Hmm… kayaknya enak banget ya guys.


4. Lontong Balap


Lontong balap adalah makanan tradisional Surabaya yang terdiri dari lontong, tauge, tahu goreng, dan lentho (perkedel kacang hijau). 


Semua bahan ini disiram dengan kuah kacang yang khas. Hidangan ini biasanya dijual oleh pedagang kaki lima di Surabaya.


Namun di daerah lain, Lontong Balap juga sudah banyak ditemui, termasuk di wilayah Blitar.

 

5. Rujak Cingur


Rujak cingur adalah hidangan salad khas Surabaya yang terdiri dari irisan daging cingur (hidung sapi direbus), sayuran segar seperti timun, kacang panjang, dan tauge, serta disiram dengan saus petis dan bumbu rujak.


6. Soto Lamongan


Soto Lamongan adalah varian soto khas Lamongan, Jawa Timur, yang terkenal dengan kuah kaldu ayamnya yang kaya rasa. Soto ini biasanya disajikan dengan irisan daging ayam, telur rebus, tauge, bawang goreng, dan kerupuk.


Soto Lamongan sangat mudah ditemui di wilayah Jawa Timur dan menjadi makanan favorit sejuta umat. Di Blitar sendiri, warung Soto Lamongan juga sudah banyak berdiri.

 

7. Bakso Malang


Bakso Malang adalah bakso yang berasal dari Malang, Jawa Timur, biasanya disajikan dengan kuah hangat gurih dan isian komplet seperti bakso, tahu putih, dan bakwan Malang.


8. Sate Ayam Ponorogo


Sate ayam ponorogo terkenal dengan rempah khas yang membuat rasanya gurih dan daging ayamnya lembut, disajikan dengan bumbu kacang.


Sate Ayam Ponorogo cukup terkenal di luar Ponorogo, termasuk di Blitar, Tulungagung dan Trenggalek. Harus coba dong?


9. Nasi Pecel


Nasi pecel adalah hidangan nasi dengan sayuran hijau yang disiram dengan bumbu kacang khas Jawa Timur.


Nasi Pecel dipercaya sebagai makanan khas Blitar, namun sudah ada di beberapa tempat dengan beragam variasinya. Masa belum pernah coba sih?


10. Tahu Campur


Tahu campur adalah hidangan berbahan dasar tahu yang biasanya pedas dan manis, dengan isian seperti kentang, mi kuning, lontong, taoge, dan lainnya.


Tahu Campur menjadi kuliner malam yang banyak diminati, terutama kuliner-kuliner pinggir jalan di area Jawa Timur.

 

Jawa Timur dikenal tidak hanya dengan keindahan alamnya, tetapi juga kekayaan kuliner yang menggoda selera. Melalui perpaduan budaya Jawa, Madura, dan Arab, Jawa Timur menghasilkan ragam hidangan khas yang unik dan penuh cita rasa.

 

Diolah dari sumber: DasteAtlas, Bacon is Magic, Orami, Yummy.co.id, IDN Times, MakananOlehOleh.com, Detikcom

Comments